Elvisitante – Anggota Dewan Perwakilan  LGO4D RTP Daerah (DPD) RI asal Sumatera Barat (Sumbar) Emma Yohanna menyarankan agar pemerintah bersama pihak-pihak terkait untuk duduk bersama guna membahas rencana pembangunan strategis nasional (PSN) di Kabupaten Pasaman

PSN ini kan usulan Pemerintah Provinsi Sumbar. Ini apakah sudah disetujui atau tidak kan belum,” kata anggota DPD RI Emma Yohanna di PadangEmma mengatakan hingga kini belum ada surat persetujuan dari pemerintah pusat terkait rencana pembangunan PSN tersebut. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengajak masyarakat dan pihak yang terlibat untuk membahas persoalan itu guna menghindari konflik yang lebih luas.

Berdasarkan dokumen surat yang diperoleh Emma, rencana pembangunan PSN baru sebatas pengajuan Gubernur Sumbar namun belum disetujui pemerintah pusat. Sementara, masyarakat sudah lebih dulu meminta dibatalkan padahal belum ada kejelasan, kata dia.Di satu sisi, Emma juga mempertanyakan apakah PSN tersebut telah melalui sejumlah kajian dan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab, hingga kini ia mengaku sosialisasi terkait PSN masih minim bahkan banyak tidak mengetahui rencana itu.Kami saja orang Pasaman Barat tidak tahu sama sekali,” ujar dia.

Menurutnya, apabila proyek tersebut bagus dan menguntungkan semua pihak terutama masyarakat, diyakini akan didukung penuh termasuk dari pengunjuk rasa yang menolak secara tegas wacana pembangunan PSN itu.Jadi, sosialisasikan. Kalau menguntungkan pasti didukung supaya tidak muncul hal-hal seperti yang kemarin,” kata dia mengingatkan.

Kemudian pemerintah provinsi juga perlu menjelaskan  LGO4D LOGIN  dan memaparkan mana saja lokasi lahan atau tanah yang statusnya sudah bebas, dan tidak berperkara dengan pihak manapun khususnya masyarakat.Tidak hanya itu, Gubernur Sumbar juga perlu memaparkan kepada masyarakat proyek apa saja yang diusulkan ke pemerintah pusat, dan membawa dampak positif terhadap pembangunan secara menyeluru

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *